Kirimkan bahan renungan ke : ibelseran@gmail.com
Untuk terus mengupdate page ini silahkan daftarkan alamat e-amil anda pada boxs "Join Us Here"

Jumat, 17 Agustus 2012

Sudahkah Kita Merdeka??


Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, MERDEKA (kata sifat) dapat diartikan bebas (dari perhambaan, penjajahan, dsb); berdiri sendiri : tidak terikat, tidak bergantung kepada orang atau pihak tertentu ; leluasa. Kata perhambaan dapat diartikan sebagai perbudakan atau hal menjadi hamba.

Jadi pertanyaan yang muncul?? apakah saat ini kita sudah merdeka dan bebas dari perbudakan dan kita sudah tidak lagi menjadi hamba??


Merdeka bukan hanya berbicara mengenai posisi kita yang bebas dari penjajah, bukan juga hanya berbicara bagaimana kita tidak tergantung lagi pada orang lain atau pihak tertentu. Merdeka berarti kita diberi tanggung jawab yang besar sebagai pengambil keputusan, dan diberi kebebasan untuk memilih apakah kita mau "diperhamba" ataukan kita memilih hidup sebagai orang-orang "merdeka"??

Hidup sebagai orang Merdeka menjadikan kita manusia yang sadar akan peran dan tanggung jawab kita dihadapan Allah dan sesama. Merdeka berarti kita mampu melakukan banyak hal tanpa membuat orang lain menanggung akibat negatif perbuatan kita. Merdeka berarti kita mendapatkan hak tanpa melupakan kewajiban kita. Merdeka berati kita tidak diperhamba apapun bentuknya, hamba untuk pekerjaan, uang ataupun jabatan kita.

Dalam kehidupan rohani kita. Kita adalah orang-orang yang sudah dimerdekakan oleh Darah Kristus, yang sudah di bayar lunas bukan karna terlalu murah, tetapi terlalu mahal untuk dijangkau oleh manusia itu sendiri. Dengan kemerdekaan ini, kita memiliki hak sebagai anak-anak Allah tapi kita juga memikul kewajiban mengikuti apa yang Ia mau kita kerjakan. Kita tidak lagi diperhamba dosa, diperhamba kesenangan duniawi, melainkan menjadi pelaku-pelaku kebenaran yang sadar akan keberadaan dan tanggung jawab kita dilandasi  KASIH Kristus yang menyucikan.

Jadi apakah kita sekarang sudah benar-benar merdeka?? Ataukah kita sedang membuat diri kita sendiri terjajah oleh dosa kita sendiri??

Tuhan Yesus sayang katong samua... Hiduplah Indonesia Raya...

Tidak ada komentar: